Senin, 31 Oktober 2016

Sinergitas Tim Jatiroto Lakukan PSN

Pada hari Selasa, 1 November 2016 telah dilaksanakan kegiatan Pemberatasan Sarang Nyamuk (PSN) serentak di RT.04 RW.02 Desa Sukosari. Kegiatan ini dilaksanakan oleh Tim Puskesmas Jatiroto melibatkan Anggota Saka Bakti Husada Pangkalan dr. Sardjito. Tim bersama-sama berangkat dari pangkalan menuju Desa Sukosari. Selain itu, kegiatan ini juga didukung oleh pemerintah desa beserta Babinsa Desa Sukosari.

PSN merupakan kegiatan yang dilaksanakan dengan cara memeriksa jentik nyamuk menggunakan senter pada bak mandi, tempat penampungan air, dan botol-botol yang tergenang air di setiap rumah warga. PSN serentak bertujuan untuk mencegah terjadinya dan berkembangnya kasus Demam Berdarah di Desa Sukosari. Mengingat adanya kasus Demam Berdarah akhir-akhir ini di RT tersebut. Selain itu, dengan melaksanakan PSN akan diketahui Angka Bebas Jentik di wilayah tersebut. Angka Bebas Jentik (ABJ) adalah presentase rumah yang tidak ditemukan jentik pada saat pemeriksaan jentik. Target Angka Bebas Jentik (ABJ) yaitu sebesar 95%. 

Rumah yang ditemukan terdapat jentik saat pemeriksaan,  petugas menyarankkan untuk segera menguras bak mandi atau tempat penampungan air tersebut. Selain melakukan pemeriksaan, petugas juga memberikan sosialisasi terkait DBD dan pencegahan DBD melalui 3M Plus. 3M Plus terdiri dari Menguras, Menutup, Mendaurulang. Plus yang dimaksud dalam 3M Plus merupakan kegiatan mencegah dengan cara menggunakan rapelan atau lotion anti nyamuk, menggunkan baju berlengan panjang, menggunakan kelambu saat tidur, memasang kassa, memelihara ikan cupang/ikan tarung, menggunakan abate, dan lain sebagainya. Harapannya setelah kegiatan ini masyarakat dapat lebih memahami dan menerapakan 3M Plus, sehingga tercipta lingkungan bersih bebas jentik dan dapat menurunkan kasus DBD. 






Tidak ada komentar:

Posting Komentar